Hormon Inilah Yang Bikin Berat Badan Naik


Jangan dikira berat badan hanya dipengaruhi oleh faktor seperti olahraga atau makanan yang dapat dikonsumsi. Tubuh Anda sendiri juga dapat menentukan turun naiknya berat badan. Mengapa bisa seperti itu?

Jawabannya adalah hormon yang Anda hasilkan. Ada beberapa jenis hormon di dalam tubuh yang sangat berpengaruh terhadap berat badan manusia. Beberapa hormon membuat berat badan mudah naik, dan hormon lainnya membuat lebih mudah turun. Apa saja mereka?

Hormon Cortisol
Cortisol atau dikenal dengan hormon stress adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin. Sebuah penelitian dari University of Leeds di UK menyatakan bahwa tingkat cortisol tinggi berhubungan dengan pengurangan mengonsumsi junk food. Karena itulah hormon ini mampu menurunkan berat badan seseorang.

Hormon Insulin
Sejumlah hormon pengatur gula yang Anda hasilkan dapat mendikte program diet Anda. Sebuah penelitian dari Journal of the American Meidal Association menemukan bahwa penghasil insulin yang tinggi dapat menurunkan hampir 6 kilogram pada diet rendah karbohidrat dan lebih dari 1 kilogram pada diet rendah lemak. Jadi jika Anda merasa memiliki lemak berlebih pada perut, mungkin Anda memproduksi banyak hormon ini.

Hormon Ketosis
Jika biasanya tubuh kekurangan karbohidrat dan mulai membakar lemak sebagai sumber energi, ketosis dapat lebih memperketat diet dan mengurangi tonjolan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan diet biasanya berat badannya turun selama 3-6 bulan, namun setelah satu tahun hasilnya dapat dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet rendah lemak. Jadi tak ada masalah jika mengkonsumsi pasta atau roti lagi setelah berat badan turun.

Hormon Leptin
Sel lemak memproduksi hormon ini untuk memberitahu otak bahwa Anda telah kenyang. Namun para peneliti menemukan bahwa diet yang terlalu ketat dalam membatasi kalori dapat menurunkan tingkat leptin, membuat Anda untuk makan lebih banyak lagi. Untuk menjaga keseimbangan hormon ini, lakukan penurunan berat secara perlahan tidak lebih dari 1/2 hingga 1 kilogram setiap minggunya.

Ternyata tubuh seseorang dapat memproduksi berbagai hormon yang dapat mempengaruhi berat badan. Kuncinya adalah menjaga hormon-hormon tersebut tetap seimbang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sudahkah Anda melakukannya? (wo/bee)

Edit by |duniakita.info 
Source |http://woman.kapanlagi.com/kesehatan/6725-hormon-inilah-yang-bikin-berat-badan-naik.html

Hormon Inilah Yang Bikin Berat Badan Naik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ugi