NASA Klaim Temukan Planet Bisa Dihuni

Teleskop antariksa NASA, Kepler, telah memastikan keberadaan planet pertama di sebuah zona bisa dihuni di luar sistem tata surya kita.

Para astronom Prancis sebelumnya tahun ini mengonfirmasikan planet luar pertama yang memenuhi persyaratan utama untuk menunjang kehidupan yang dikenal sebagai Gliese 581d.

Namun, Kepler 22b, yang sebelumnya terlihat sekilas pada 2009 adalah konfirmasi pertama badan antariksa AS NASA mengenai planet yang bisa dihuni.

Itu berarti para astronom telah tiga kali melihat planet tersebut melintas di depan bintangnya. "Kami beruntung bisa mendeteksi planet ini," kata William Borucki, peneliti utama Kepler di Pusat Riset Ames NASA, Senin (5/12).

"Transit pertama tertangkap hanya tiga hari setelah kami mengumumkan wahana antariksa itu secara operasional siap. Kami melihat transit ketiga yang menentukan pada musim liburan 2010," katanya.

Kepler-22b berada dalam jarak 600 tahun cahaya dan lebih besar daripada Bumi dengan orbit 290 hari mengitari sebuah bintang seperti matahari.

Kepler telah menemukan 1.000 planet potensial lain, dua kali dari jumlah yang terlacak sebelumnya. (Ant/OL-5)

| Sumber |

NASA Klaim Temukan Planet Bisa Dihuni Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ugi