NASA Gunakan Robonaut Untuk Jelajahi Luar Angkasa

Robonaut (R2B) mulai dinyalakan di International Space Station (ISS) untuk pertama kalinya, Senin (22/8). Robonaut,adalah robot manusia yang dibuat untuk dikirim ke luar angkasa bersama dengan peluncuran terakhir pesawat Discovery. Robonaut bergabung sebagai kru robot pertama di ISS.

Begitu dinyalakan, bekerjalah empat kamera di kepalanya yang berfungsi sebagai mata, kamera infrared yang berada di mulutnya, juga komputer utama yang tertanam di dalam perut, serta lebih dari 30 prosesor di tangannya yang berfungsi menggerakkan badan.

Walau dinyalakan, tapi ia belum boleh bergerak. Ia baru akan mulai bergerak pada 1 September. Dan saat ini ia belum punya kaki. Kakinya masih didesain di bumi dan akan dikirim ke luar angkasa pada 2013.

Namun Twitter-nya sudah mulai berjalan. Ia akan mengabarkan pengalamannya di luar angkasa melalui Twitter yang dioperasikan manusia.

Diberitakan Associated Press, Deputi Manager Proyek Nicolaus Radford mengatakan, sama seperti manusia, setelah tidur selama setahun, nantinya robot ini juga harus mulai belajar bergerak di ruang hampa udara. Kalau sudah beroperasi penuh nanti, Robonaut akan membantu pekerjaan manusia, melakukan pengecekan dan perawatan harian.

Proyek ini adalah hasil kerja sama antara NASA dengan General Motors. [mor]

via | inilah

NASA Gunakan Robonaut Untuk Jelajahi Luar Angkasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ugi